Saturday, February 27, 2010

Godong Kates

Godong Kates atau daun pepaya sudah akrab bagi warga desa terutama untuk ibu-ibu rumah tangga, karena digunakan untuk Pelembut daging atau untuk melunakkan daging. Kandungan getah (lateks) dalam daun yang akan meresap ke dalam daging dan melunakkannya. Caranya, masukkan daun pepaya dalam rebusan daging, atau bungkus daging dalam daun pepaya ketika direbus.




Disamping itu ternya ada manfaat lain dari Godong Kates ini, antara lain :

  • Obat DB ( Demam Berdarah ) : caranya daun pepaya dibuat juice, ambil 2 lembar lalu dicuci sampai bersih, kemudian ditumbuk sampai halus terus diperas diambil airnya. Air hasil perasan kira-kira 1 ( satu ) sampai 2 ( dua ) sendok teh untuk setiap lembarnya. Jadi jangan ditambah dengan air panas karena akan mengurangi khasiatnya. Karena rasanya pahit sebaiknya diminumkan dengan sekali minum. Minumkan 1 sampai 2 sendok teh setiap hari, Insya Allah sembuh. Atau Campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.
  • Obat nyeri haid : caranya ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak. Dinginkan sebelum diminum
  • Menekan penyebab Tipus : caranya dengan memakan daun pepaya dengan cara dimasak ataupun mentah. Karena daun pepaya mengandung karpain yang menghambat kinerja mikroorganisme yang mengganggu pencernaan.
  • Mengontrol tekanan darah : Caranya ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

Mungkin ini hanya beberapa mafaat dari daun pepaya alias Godong kates. Smoga bermanfaat.

1 comment:

" jazakumullah khairan kathira, matur nuwun sanget menawi panjenengan purun ngisi komentar "