Wednesday, February 10, 2010

Dhele Godhog



Musim penghujan gini perut rasanya laper mlulu, penginnya ngemil atau makan. Kalau di Weru pas cuaca kayak gini mending cari makan yang enak dan mudah didapat. Salah satunya adalah Kedelai Rebus atau aku lebih akrap dengan sebutan Dhele Godhog.

Karena di desa dan kebetulan baru musim panen kacang kedelai jadi tidak susah cara bahannya. Kita tinggal petik sendiri ke kebon atau sawah atau kita beli aja pada petani yang lewat. Kita pilih kacang kedelai yang masih kelihatan hijau tapi sudah berisi. Setelah itu kita pisahkan daun kacang kedelai tadi, tapi daunnya jangan dibuang karena bisa untuk pakan ternak sapi atau kambing ( bahkan sampai kering juga masih bisa ).



Setelah daun kacang kedelai sudah terpisah, sekarang tinggal kacang kedelai dengan pohonnya. Kita siapkan wadah atau panci untuk merebusnya, isi panci dengan air secukupnya kemudian rebus, setelah mendidih masukkan kacang kedelai yang masih menyatu dengan pohonnya. Masak sampai kacang kedelai masak/matang.

Setelah kacang kedelai matang tiriskan. Sediakan kacang kedelai yang masih menyatu dengan pohonya dalam piring yang datar, sajikan selagi hangat. Jadi sudah Dhele Godhog yang bergizi dan lezat. Nikmati juga sensasi makan kacang kedelai rebus yang masih menyatu dengan pohonnya ini. Mantaaap….

1 comment:

" jazakumullah khairan kathira, matur nuwun sanget menawi panjenengan purun ngisi komentar "