Wednesday, March 3, 2010

GOGEK


Makanan ringan atau makanan kecil atau snack atau makanan ringan atau nyami'an tentu sudah lumrah ada disetiap rumah atau paling tidak kita sudah biasa atau sudah pernah memakannya. Tapi kalau makanan atau Panganan Ndeso kayak " GOGEK " pasti belum tentu pernah atau belum tentu mau menikmatinya.


Tapi bagi masyarakat pedesaan ini sudah biasa, bahkan dulu waktu aku masih jadi murid Sekolah Dasar ( SD ), makanan ini sudah biasa tidak seperti sekarang. Malah makanan ini kadang dicampur dengan parutan kelapa bisa untuk penganti sarapan.

Bahkan masih teringat dibenakku, dulu waktu di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) ada guru yang sering mengejek muridnya kalau tidak bisa menjawab dengan omongan " ...sarapane sego mampu ( baca gogek ) yo... ra iso njawab.. " . Jadi sewot plus geli kalau teringat itu semua.

Gogek memang dibuat karena orang desa berusaha memanfaatkan nasi sisa, biar bisa dimanfaatkan selain untuk makan ternak. Caranya adalah dengan menjemur nasi sisa tersebut dipanas terik matahari. Setelah kering baru digoreng dan setelah dingin atau hangat bisa langsung dimakan, atau kadang dicampur sama garam biar lebih gurih.

Sekarang Gogek lebih banyak untuk makanan ternak ( Bebek misalnya ) dari pada untuk dinikmati atau dibuat sebagai makanan ringan atau makanan kecil atau snack atau makanan ringan atau nyami'an.


5 comments:

  1. jiaah... manusia saingan ma bebek nie... btw, enak juga loh sebenernya kalau dibikin snack, aq juga suka, pak..

    ReplyDelete
  2. tenyata sama2 pernah jd pesaing bebek tho... !!!
    :) :) :)
    matur nuwun sampun mampir.

    ReplyDelete
  3. aku iso sekolah,oleh kerjaan, margo wong tuwoku keraane dagang gogek neng pasar soko

    ReplyDelete
  4. Allah memang memberi jalan rejeki pd manusia berbeda-beda, tinggal kita mau bersyukur atau kufur...
    matur nuwun sampun mampir...

    ReplyDelete
  5. Gogek ada dua macam, gogek dari nasi beras dan ada gogek dar nasi tiwul (gaplek) bahasa Gunung Kidul DIY. dan menurut penelitian gogek tiwul adalah bisa jadi pengganti karbohidrat bagi penderita diabetes karena kadar gulanya sudah habis, bagi penderita diabetes silahkan konsumsi TIWUL atau GOGEK.....

    ReplyDelete

" jazakumullah khairan kathira, matur nuwun sanget menawi panjenengan purun ngisi komentar "