Thursday, October 22, 2009

GEROBAK

                   Gerobak                                                   
                                                                    
                              
Kehidupan di dunia pertanian tak lepas dari sarana angkut untuk hasil pertanian tersebut, kalau dulu masih menggunakan tenaga manusia dan hewan. Jaman sekarang tenaga manusia dan mesin yang berperan utama dalam dunia pertanian. Tapi kalau kita lihat alat angkut jaman sekarang juga tidak langsung melupakan atau meninggalkan alat angkut tradisional, seperti gerobak dan sepeda.

Gerobak memang mempunyai andil cukup besar didunia pertanian, dia begitu setia menemani petani dari mulai bercocok tanam sampai petani memanen hasil sawah dan ladangnya. Walaupun perannya sudah banyak diganti oleh mobil tapi keberadaannya masih sangat perlu bagi para petani.

Selain alat ini tergolong murah dari segi pembuatan atau harga belinya, alat ini juga bisa memasuki medan yang sekiranya untuk mobil tidak bisa masuk. Bahkan Di Desa Weru jalan-jalan menuju ke sawah masih didominasi oleh jalan yang kurang lebar, jadi wajar bila peran gerobak masih sangat besar. Bahkan suku cadang dari gerobak ini sangat mudah di dapat dan para petani bisa memanfaatkan dari alat suku cadang transportasi yang mereka miliki, seperti ban dari ban sepeda motor bekas, roda dari pelek sepeda motor bekar dan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

" jazakumullah khairan kathira, matur nuwun sanget menawi panjenengan purun ngisi komentar "